Penyebab Insomnia

Penyebab InsomniaInsomnia adalah gangguan tidur di mana seseorang secara terus-menerus mengalami kesulitan tidur atau bangun terlalu cepat. Insomnia kadang-kadang juga berhubungan dengan kondisi-kondisi fisik, seperti keletihan yang hebat, perubahan perlengakapan-perlengkapan tidur, perubahan-perubahan makanan utama sehari-hari dan juga pemakaian obat perangsang yang berlebihan.

 Penyebab Insomnia

Penyebab Insomnia

Insomnia sering kali dilihat sebagai simtom orang dewasa, tetapi ditemukan juga pada anak-anak dan apabila tetap berlangsung, maka harus dilihat sebagai gangguan emosi yang berat. Gangguan tidur yang kadang terjadi pada anak-anak boleh dianggap sebagai reaksi terhadap kesulitan dan tekanan hidup yang rutin. Suatu gangguan tidur yang berat dan lebih sulit ditangani adalah apnea tidur (sleep apnea) yakni pernapasan terhenti untuk sementara.

PENYEBAB INSOMNIA

Berikut ini ada beberapa penyebab insomnia selain faktor psikologis yang mendominan penyebab insomnia itu sendiri, diantaranya adalah :

Faktor-faktor psikologis yang menyebabkan insomnia adalah kegelisahan, ketakutan, perasaan bersalah, dan perasaan cemas atau stress sebagai antisipasi terhadap peristiwa-peristiwa yang akan datang.

Jika diambil garis besarnya, faktor penyebab insomnia, yaitu:

  • Stress atau kecemasan seperti didera kegelisahan yang dalam, biasanya karena memikiran permasalahan yang sedang dihadapi.
  • Depresi. Selain menyebabkan insomnia, depersi juga bisa menimbulkan keinginan untuk tidur terus sepanjang waktu karena ingin melepaskan diri dari masalah yang dihadapi. Depresi bisa menyebabkan insomnia dan sbaliknya insomnia menyebabkan depresi.
  • Kelainan-kelainan kronis. Kelainan tidur seperti tidur apnea, diabetes, sakit ginjal, arthritis atau penyakit yang mendadak seringkali menyebabkan kesulitan untuk tidur.
  • Efek samping pengobatan. Pengobatan untuk suatu penyakit juga dapat menjadi penyebab insomnia.
  • Pola makan yang buruk. Mengkonsumsi makanan berat sesaat sebelum pergi tidur bisa menyulitkan anda jatuh tidur.
  • Kafein, nikotin, dan alkohol. Kafein dan nikotin adalah zat stimulan. Alkohol dapat mengacaukan pola tidur anda.
  • Kurang berolahraga juga bisa mnejadi faktor sulit tidur yang signifikan.

Penyebab insomnia lainnya bisa berkaitan dengan kondisi-kondisi spesifik :

  • Usia lanjut (insomnia lebih sering terjadi pada orang yang berusia di atas 60 tahun).
  • Wanita hamil
  • Riwayat depresi/penurunan

Penyebab insomnia pada wanita bisa terjadi akibat mereka sedang hamil atau karena memasuki masa menopause. Untuk wanita yang berusia sekitar 40-50 tahun ke atas merupakan masa-masa perimenopause terjadi, dan dimasa tersebut maka wanita akan mengalami berbagai gejala menopause. Salah satu gejala menopause yang menyerang adalah susah tidur insomnia. Hal ini akan membuat mereka menjadi susah tidur di malam hari, atau jika terbangun di malam hari maka mereka akan susah untuk mendapatkan tidur mereka kembali.

Selain itu juga penyebab insomnia secara umum yang sering terjadi akibat karena beberapa hal yang sering terjadi di kehidupan kita adalah suatu aktivitas seperti :

  1. Jet lag karena bepergian dari arah timur ke barat
  2. Bekerja di malam hari atau untuk pekerja dengan shift malam
  3. Jadwal kerja yang tidak teratur.
  4. Menggunakan alkohol dengan berlebihan.
  5. Efek samping dari beberapa jenis obat-obatan tertentu
  6. Kerusakan yang terjadi pada otak misalnya adalah esenfalitis, stroke, dan penyakit Alzheimer.

Insomnia dapat terjadi sebagai reaksi simtom yang sederhana atau mungkin berkaitan dengan kondisi-kondisi psikiatrik lain, seperti kecemasan (kecemasan neurosis), depresi dan mania. Dalam hal-hal seperti itu kekuatan insomnia akan berhubungan dengan gangguan emosi yang berat. Perkembangan simtomatik insomnia rupanya berhubungan dengan ciri-ciri khas kepribadian, dan tipe-tipe konflik

CARA MENGOBATI INSOMNIA

Penyebab insomnia dan cara mengatasinya bisa dilakukan melihat dari segi penyebab insomnia tersebut. Cara mengobati insomnia yang bisa dilakukan adalah :

  1. Melatih kebiasaan tidur yang baik. Sebaiknya hal yang dilakukan adalah dengan mempertahankan waktu tidur dengan teratur, sebaiknya gunakanlah tempat tidur Anda hanya untuk tidur saja. Jagalah agar ruangan tetap gelap, dingin, dan juga tenang. Setelah itu, kembangkanlah suatu ritual tidur sekitar 1 jam menjelang tidur. Bangunlah dengan waktu yang sama di setiap pagi hari. Melakukan olahraga dengan teratur di pagi hari dan sebaiknya jangan makan berlebihan menjelang tidur. Hindarilah aktivitas mental yang memicu emosional berlebih disaat malam hari datang.
  2. Makanlah makanan yang mengandung protein tinggi sebelum tidur seperti susu hangat dan keju. Kandungan triptofan yang merupakan salah satu unsur senyawa asam amino yang berasal dari protein bisa dicerna yang membantu Anda agar bisa tidur dengan mudah.
  3. Sebaiknya usahakan agar selalu tidur dalam waktu yang sama dan bangun dalam waktu yang sama juga.
  4. Hindarilah tidur siang dengan berlebihan
  5. Berusaha untuk tidur diatas tempat tidur jika Anda benar-benar ingin tidur.
  6. Indari aktivitas yang berlebihan yang bisa meningkatkan dan membangkitkan semangat atau minat sebelum tidur.
  7. Melakukan beberapa latihan gerak pada badan setiap harinya,  namun jangan menjelang tidur.

 Penyebab Insomnia


=====================================

>>> Kapsul Herbal Susah Tidur Untuk Mengatasi Insomnia, Membantu Mengatasi Gejala Susah Tidur Sekaligus Mengatur Pola Tidur Yang Berkualitas, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Insomnia and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.