Penyebab Insomnia Pada Lansia

Penyebab Insomnia Pada LansiaPenyebab insomnia umumnya muncul akibat dari pola kebiasaan buruk tidur di tengah malam, pola hidup yang tidak teratur dan seimbang. Pola tidur seseorang pasti mengalami perubahan seiring dengan pertambahan usia dan semakin beragamnya pekerjaan atau aktivitas. Semakin bertambah usia, efisiensi tidur semakin berkurang. Efisiensi tidur diartikan sebagai jumlah waktu tidur berbanding dengan waktu berbaring di tempat tidur.

 Penyebab Insomnia Pada Lansia

Penyebab Insomnia Pada Lansia

Kebutuhan tidur pun semakin menurun karena dorongan homeostatitk untuk tidur pun berkurang. Hal ini dialami oleh para usia lanjut. Pada usia lanjut, terutama wanita lebih banyak mengalami insomnia, dibandingkan pria yang lebih banyak menderita sleep apnea atau kondisi medis lain yang dapat mengganggu tidur.

PENYEBAB INSOMNIA

Salah satu penyebab insomnia pada usia lanjut bisa diakibatkan karena beberapa hal. Penyebab insomnia pada usia lanjut adalah :

  1. Tekanan jiwa
    Salah satu tekanan jiwa yang mengakibatkan terjadinya insomnia adalah depresi. Depresi merupakan salah satu hal yang sering ditemukan sekarang ini. Pola hidup yang serba instan bisa memicu terjadinya depresi. Dan juga tuntutan prestasi yang semakin tinggi seiring dengan perkembangan zaman dan gaya hidup yang semakin tidak sehat akan membuat banyak orang terus menerus menjadi yang terbaik sampai mereka tidak mempedulikan keadaan kesehatan mereka masing-masing hanya untuk mengejar prestasi yang diimpikan tersebut.
    Hal ini pada akhirnya akan mengganggu pola tidur mereka. Bahkan mereka bisa bangun lebih pagi, namun waktu tidur mereka lebih larut dari biasanya dan mendapatkan waktu tidur yang tidak berkualitas dan berkuantitas. Selain itu juga perasaan cemas yang berlebihan dan gangguan jiwa serta gangguan psikis lainnya akan menjadi penyebab insomnia susah tidur. Menyelesaikan masalah merupakan salah satu cara menyembuhkan insomnia untuk kasus depresi.
  2. Sakit fisik
    Penyebab insomnia pada usia lanjut diakibatkan karena menderita penyakit yang bisa memicu terjadinya insomnia datang. Biasanya orang yang sedang sakit tidak akan mendapatkan waktu tidur yang nyenyak. Dan kadang harus menggunakan obat tidur dengan dosis tertentu untuk mengurangi gejala insomnia ini. Salah satu penyakit yang bisa membuat penderitanya terjaga adalah sesak nafas pada mereka yang menderita penyakit asma.
  3. Faktor lingkungan
    Lingkungan yang terlalu bising bisa membuat kita menjadi susah tidur. Palagi jika kita tinggal di lingkungan dekat dengan lintasan pesawat terbang, lintasan kereta api, pabrik dengan mesin yang terus beroperasi setiap malamnya atau juga suara tv yang terlalu keras. Cara mengobati insomnia untuk kasus ini adalah dengan memasang kedap suara atau juga Anda bisa tidur dengan memasang penutup telinga. Dengan cara seperti ini maka kebisingan bisa sedikit tidak terdengar.
  4. Gaya hidup
    Gaya hidup yang kurang sehat bisa menjadi salah satu pemicu penyebab insomnia pada usia lanjut. Kebiasaan mengonsumsi alkohol, merokok dan mengonsumsi kafein seperti kopi, obat diet, dan juga jadwal kerja yang tidak teratur merupakan salah satu pemicu susah tidur insomnia. Jika keadaannya seperti ini maka penderita haruslah menyesuaikan dulu apa yang menjadi masalahnya dan Anda akan bisa tidur dengan nyenyak setelah itu. Sebaiknya sebisa mungkin menghindari minuman yang mengandung alkoho sebelum tidur. Karena hal ini akan membuat tubuh menjadi terus menerus tidak bisa tidur. Demikian juga mengurangi rokok, kopi, dan juga beberapa jenis makanan serta minuman yang mengandung kafein tinggi.

GANGGUAN TIDUR

Gangguan tidur pada usia lanjut biasanya muncul dalam bentuk kesulitan untuk tidur dan sering terbangun atau bangun terlalu awal. Atur waktu tidur dengan baik, ikuti petunjuk sleep hygiene dan cobalah untuk lebih berpikiran positif dengan lebih berfokus pada vitalitas di siang hari yang segar bugar dibandingkan kualitas tidur malam sebelumnya. Penyebab Insomnia Pada Lansia diakibatkan karena Perubahan pola tidur pada usia lanjut banyak disebabkan oleh kemampuan fisik usia lanjut yang semakin menurun. Kemampuan fisik menurun terkai oleh kemampuan organ dalam tubuh yang menurun juga seperti jantung, paru-paru dan ginjal. Penurunan terbseut mengakibatkan daya tahn tubuh dan kekebalan turut berpengaruh.

Pada usia lanjut biasanya insomnia lebih sering menyerang. Penyebab Insomnia Pada Lansia terjadi sebagai efek samping (sekunder) dari penyakit lain, seperti nyeri sendi, osteoporosis, payah jantung, parkinson atau depresi. Jika penyebab utamanya tidak teratasi dengan sendirinya gangguan tidur tidak akan pernah teratasi. Pada kondisi seperti ni obat tiudr bukanlah solusi yang tepat.

Untuk mengatasinya lakukan olahraga yang ringan, tetapi teratur seperti jalan kaki pagi hari, berlari-lari kecil, senam atau sekedar peregangan otot. Hal ini terbukti mampu memperbaiki kualitas tidur pada lanjut usia. Melakukan jalan pagi atau senam lanjut usia di saat tubuh mampu meningkatkan vitalitas di usia lanjut. Dengan berolahraga, diharapkan dapat tidur lebih cepat lebih jarang terbangun dan tidur lebih dalam.

 Penyebab Insomnia Pada Lansia

 Penyebab Insomnia Pada Lansia


=====================================

>>> Kapsul Herbal Susah Tidur Untuk Mengatasi Insomnia, Membantu Mengatasi Gejala Susah Tidur Sekaligus Mengatur Pola Tidur Yang Berkualitas, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Insomnia and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>