Faktor Penyebab Terjadinya Insomnia

Saya akan membahas tentang yang menjadi faktor penyebab  terjadinya insomnia. Penyekait insomnia atau susah tidur bukanlah suatu penyakit melainkan hanya merupakan gejala dari beberapa macam sebab, seperti kondisi psikis seseorang, kondisi fisik terlalu lelah, otak merasa sangat cape, atau bisa jadi  karena pengaruh minuman yang mengandung banyak kafein atau alkohol.

Faktor Penyebab Terjadinya Insomnia

Faktor Penyebab Terjadinya Insomnia

Permasalahan hidup yang belum terpecahkan cenderung menjadi penyebab utama timbulnya insomnia atau susah tidur. Di samping itu keadaan emosional seseorang, seperti cemas, stress, galau, serta rasa takut menjadi faktor penyebab terjadinya insomnia timbulnya insomnia atau susah tidur.

Seiring bertambahnya umur seseorang, maka jam tidur akan semakin berkurang. Hal itu demikian, sebenarnya merupakan perkara wajar. Semakin tua seseorang, maka ia akan seiring mengalami keaadan terjaga di waktu tidurnya.  Orang terjaga pada tengah malam atau dini hari juga akan lebih sering di alami oleh para orang tua dari pada anak muda. Hal ini terkadang dapat menyebabkan perasaan cemas pada sebagian orang tua karena menganggap waktu tidur terasa kurang.

Pada usia berapa pun, seseorang yang etrena isnomnia atau susah tidur menandakan bahwa oang tersebut sedang mengalami depresi atau stress. Oleh sebab itu para penderita insomnia dianjurkan agar mengendorkan pikran yang dapat menganggunya. Bagi penderitta isnomnia juga sangat disarankan gar berangkat  tidur pada waktu yang sama disetiap harinya, emlakukan olah raga rutin pada setiap harinya,  tidak tidak dalam keadaan lapar, usahakan untuk mematikan lampu menjelang tidur, tidak merokok atau minum alkohol ssebelum tidur dan yang paling penting adalah berdoa sebelum tidur.

Jenis jenis Insomnia

Secara garis besar, insomnia diklasifikasikan menjadi tiga jenis tergantung gejlaa media atau psikologis yang dialami serta tergantung dari kurun waktu seseorang menderita insomnia :

  • Insomnia Akut (Acute Insomnia)

Biasanya para penderita mengalami gangguan tidur selama kurang lebih satu bulan. Insomnia akut ditandai dengan penderitanya yang tetap mengalami masalah dengaan memulai tidur atau mempertahanan tidur meskipun dengan kondisi yang memungkinkan.

  • Insomnia Kronik (Chronic Insomnia)

Insomnia kronik adalah yang berlangsung lebih darisatu bulan. Orang dengan gangguan insomnia kronis biasanya mengalami masalah halusinasi yang parah seperti melihat benda seolah olah bergerak secara slow motion dan amsalah penglihatan ganda (double vision), yaitu persepsi penglihatan dimana benda tunggal seolah oleh akan terlihat ganda.

  • Insomnia Temporer (Transient Insomnia)

Insomnia jenis ini yang biasanya hanya berlangsung singkat, yaitu kurang dari satu minggu. Insomnia temporer biasanya akan terjadi karena pengaruh lingkungan atau stress.

Gejala Penyakit Insomnia yang banyak diderita oleh semua Orang

Gejala insomnia tergantung pada jenis masalah tidur yang anda alami. Pada sebagian penderitanya ada yang berbaring dalam keadaan terjaga untuk waktu yang lama sebelum bisa benar benar tidur. Anda juga akan terbangun pada beberapa kali ketika sudah tertidur atau akan sulit beraktivitas dengan berkonsentrasi di siang harinya karena merasa lelah. Penampilan mereka juga akan nampak kurang segar.

Selain  akan membuat penderitanya akan meresa lelah di siang harinya, insomnia juga dapat mempengaruhi susana hati. Akibatnya sering kali penderita insomnia terlihat stress, mudah tersinggung atau cepat marah.

Selain sulit untuk menentukan tidur normal karena kebutuhan tidur yang berbeda-beda pada tiap orang. Hal tersebut akan dipengaruhi oleh gaya hidup, usia, pola makan, dan lingkungan masing masing.

Penyebab Penyakit Insomnia

Insomnia dapat terjadi karena disebabkan karena beberapa faktor, baik karena faktor biologis, medis, psikologis, maupun kerena faktor lingkungan.

            1. Faktor Penyebab Terjadinya Insomnia Medis dan Biologis

  • Faktor usia. Penelitian menunjukkan bahwa sesorang yang sudah berusia lanjut lebih beresiko mengalami insomnia daripada yang masih muda.
  • Hormon yang diproduksi pada wanita hamil dan menstruasi.
  • Masalah dengan jet lag (mabuk udara).
  • Kerusakan otak seperti stroke atau alzheimer.
  • Faktor genetik (bawaan lahir), meskipun sangat jarang terjadi.
  • Efek samping penggunaan obat, soda, narkoba, alkohol, atau kafein.
  1. Faktor Penyebab Terjadinya Insomnia Psikologis

  • Faktor gangguan mental seperti skizofrenia, gangguan kecemasan (anxiety disorder), atau gangguan kepribadian bipolar.
  • Beban pikiran yang terlalu banyak.
  • Faktor psikis seperti ketakutan, paranoid, stress, depresi, kecemasan, serta tekanan mental dan emosional.
  • Ketakutan akibat gangguan pada fase tidur REM (Rapid Eye Movement) seperti mimpi buruk, tindihan (sleep paralysis), atau berjalan saat tidur (sleepwalking).
  1. Faktor Penyebab Terjadinya Insomnia Dari Luar

  • Jam kerja yang berubah-ubah atau tidak teratur. Sehingga tubuh akan sulit menyesuaikan diri.
  • Kelelahan fisik.
  • Bekerja pada malam hari.
  • Lingkungan yang tidak mendukung untuk tidur.
  • Pola tidur yang tidak teratur.

Tips Mengatasi Faktor Penyebab Terjadinya Insomnia

Berikut adalah beberapa tips dan cara mengatasi Faktor Penyebab Terjadinya Insomnia agar anda bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

  • Usahakan tidur dengan jam yang teratur setiap hari.
  • Selama proses penyembuhan insomnia, usahakan untuk menghindari tidur siang agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari.
  • Hindari makanan dan minuman yang berkafein dan bersoda sebelum tidur.
  • Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur. Hindari membaca, menggunakan gadget, atau menonton tv di atas tempat tidur.
  • Sering-sering bermeditasi.
  • Dengarkan Brainwave. Beberapa brainwave didesain untuk mengkondisikan pikiran pada fase theta dimana tubuh dan pikiran terasa sangat rileks.

Faktor Penyebab Terjadinya Insomnia

Cara Beli Obat Insomnia

Jual Obat Insomnia Susah Tidur Untuk Mengatasi Insomnia, Membantu Mengatasi Gejala Susah Tidur sekaligus Mengatur Pola Tidur Yang Berkualitas

Obat Insomnia Herbal Alami

Harga Obat Insomnia 1 botol Isi 80 Kapsul = Rp.115.000,-/botol

Cara Pemesanan Obat Insomnia: SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Insomnia, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )

This entry was posted in Penyebab Insomnia and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.