Cara Mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi InsomniaInsomnia merupakan salah satu ketidakmampuan seseorang untuk bisa mempertahankan waktu tidur mereka atau merupakan suatu kondisi yang menyebabkan seseorang menjadi sering terjaga dari tidur baik dari segi kualitas dan dari segi kuantitas. Penyakit insomnia bukan berarti seseorang tidak bisa tidur atau karena kurang tidur, namun salah satu penyebab insomnia bisa diakibatkan karena terlalu lama tidur namun kualitas tidurnya berkurang.

Cara Mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia

JENIS INSOMNIA

Penyakit insomnia terbagi menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis insomnia adalah :

  1. Insomnia inisial merupakan suatu keadaan susah untuk memulai tidur.
  2. Insomnia intermiten merupakan suatu keadaan ketidakmampuan seseorang untuk mempertahankan waktu tidur karena sering terbangun di malam hari.
  3. Insomnia terminal merupakan salah satu gangguan tidur yang membuat penderitanya bangun lebih awal namun susah untuk bisa tidur lagi.

Beberapa penyebab insomnia yang umum terjadi dan kasusnya banyak ditemukan adalah karena beberapa penyebab insomnia dibawah ini :

  1. Gangguan psikis
    Gangguan psikis yang terjadi seperti stres, kecemasan berlebihan, depresi, dan kekhawatiran karena masalah sesuatu yang belum terselesaikan.
  2. Gangguan kesehatan fisik
    Gangguan kesehatan fisik yang bisa mengganggu tidur seseorang adalah penyakit asma, radang sendi, penyakit jantung, penyakit diabetes, dan jenis penyakit lainnya. Selain itu, yang biasanya terjadi pada wanita usia lanjut adalah efek dari menopause yang membuat mereka menjadi susah tidur.
  3. Faktor lingkungan
    Lingkugan sekitar yang bising akan membuat waktu tidur Anda menjadi terganggu.
  4. Gaya hidup
    Gaya hidup kurang baik seperti mengonsumsi alkohol, nikoton dan kafein yang berlebihan akan memicu penyebab insomnia.
  5. Tidur siang berlebihan
    Jika Anda tidur terlalu di siang hari maka akan menggangu waktu tidur alami Anda di malam hari. Jika hal ini terjadi dengan frekuensi yang sering maka akan menjadi suatu kebiasaan untuk Anda. Dan hal ini sangat tidak baik.

Penyebab insomnia pada lansia yang sering terjadi salah satunya adalah akibat kesulitan untuk bisa mempertahankan waktu tidur mereka, kesulitan mendapatkan waktu tidur yang nyenyak dan juga bangun terlalu pagi.

GEJALA INSOMNIA

Gejala insomnia yang terjadi adalah :

  1. Susah tidur
  2. Tidur tidak nyenyak dan sering terganggu
  3. Bangun di pagi hari dan susah untuk tidur lagi
  4. Terasa lelah dan mengantuk di siang hari

Penyebab insomnia dapat dikurangi dengan berbagai macam pengobatan, seperti menggunakan obat tidur. Tetapi, masalahnya ada dua :

  • Apabila penyebab insomnia yang mendasarinya tetap ada dan obat harus digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka cara mengatasi insomnia adalah dosisnya harus ditambah, disamping itu menggunakan obat tidur akan menjai kebiasaan dan minum obat menjadi kondisi yang diperlukan supaya dapat tidur. Dengan demikian, akan terjadi ketergantungan psikologis dan fisik.
    Dari sudut pandang kesehatan mental, penyebab psikodinamik yang mendasari insomnia harus diketahuidan perawataannya harus diarahkan untuk menghilangkan atau menguranginya. Sering kali usaha psikoterapi (tanpa diarahkan semat-mata pada penyebab) sangat berguna untuk menghilangkan insomnia.
  • Selain apa yang dikemukan diatas, seseorang yang mengalami gangguan insmonia tersebut harus berusaha juga sebelum tidur pada malam hari berada dalam keadaan santai dan jangan mengamati jam atau menantikan saat tidur dengan gelisah.

CARA MENGATASI INSOMNIA

Salah satu cara mengatasi insomnia yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan senam obat. Tujuan dari senam otak adalah untuk membantu membuka bagian-bagian otak yang sebelumnya sudah tertutup dan mengalami hambatan sehingga aktivitas belajar dan bekerja langsung menggunakan seluruh bagian otak. Selain itu, manfaat dari senam otak adalah membantu mengurangi stres, emosional dan juga pikiran menjadi lebihi bersih, membuat lebih bersemangat, konsentrasi yang tinggi, lebih kreatif serta lebih efisien. Selain itu, manfaat dari senam otak adalah untuk membantu melatih kemampuan berbahasa serta daya ingat yang tinggi, dan hubungan sosial dengan antar manusia akan menjadi lebih rileks dan menyenangkan.

Selain itu, cara mengatasi insomnia lainnya adalah :

  1. Menghindari makan berlebihan sebelum tidur
    Makan berlebihan menjelang tidur akan membuat perut menjadi terasa tidak nyaman dan menimbulkan kegelisahan dan mengganggu waktu tidur Anda. Sebaiknya jangan terlalu banyak makan menjelang tidur.
  2. Hindari kegiatan di tempat tidur
    Cara mengatasi insomnia adalah dengan menghindari kegiatan lain yang dilakukan diatas tempat tidur, Yang dimaksud disini adalah, tempat tidur hanya boleh ditempati hanya saat Anda ingin tidur saja. Selebihnya sebaiknya hindari melakukan aktivitas diatas tempat tidur kecuali melakukan hubungan intim dengan pasangan.
  3. Melakukan olahraga dengan teratur
    Olahraga yang dilakukan dengan teratur akan membantu memberikan dampak baik untuk kesehatan tubuh. Dan salah satu cara mengatasi insomnia yang sangat baik untuk mengurangi gejala insomnia yang terjadi.
  4. Menjauhi minuman kafein
    Cara mengatasi insomnia yang lainnya adalah dengan menjauhi jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein diatas jam 3 sore.

Cara Mengatasi Insomnia


=====================================

>>> Kapsul Herbal Susah Tidur Untuk Mengatasi Insomnia, Membantu Mengatasi Gejala Susah Tidur Sekaligus Mengatur Pola Tidur Yang Berkualitas, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Insomnia and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *