Akibat Insomnia

Akibat Insomnia – Sebelum mengobati insomnia, Anda perlu mengetahui apa penyebabnya. Dokter mungkin menanyakan mood Anda. Apakah Anda sedang mengalami depresi? kecemasan? stress? Mungkinkan insomnia tersebut disebabkan dari rasa nyeri, pengobatan, suatu perampasan dalam hidup Anda sehubungan melakukan perjalanan melewati zone waktu yang berbrda, atau bekerja di luar shift yang rutin? Mungkinkah kafein, alkohol atau makanan berbumbu memainkan peranan dalam kesulitan tidur Anda? Pertanyaan yang dijawab “tidak”boleh Anda bisa menjadi penentu dalam mendiagnosa insomnia primer.

Akibat Insomnia

Akibat Insomnia

DAMPAK INSOMNIA

Akibat Insomnia memberi sedikit atau banyak dampak pada kualitas hidup, produktivitas dan keselamatan. Pada kondisi yang parah, dampaknya bisa lebih serius. Orang dengan insomnia lebih mudah menderita depresi dibandingkan mereka yang biasa tidur dengan baik. Selain itu secara emosional, mereka yang memiliki kualitas tidur yang kurang baik cenderung lebih mudah marah, tersinggung, mudah mengantuk, mudah terserang penyakit, seperti masuk angin, penurunan fungsi kerja tubuh. Hal ini disebabkan oleh bidang pekerjaan yang terkadang menuntut beberapa orang menjadi terjaga di malam hari, waktu istirahat digunakan untuk bekerja.

Akibat insomnia untuk kesehatan salah satunnya adalah akan meningkatkan resiko terjadinya kenaikan berat badan. Kurang tidur biasanya berhububungan dengan rasa lapar dan juga nafsu makan yang lebih dan bisa memungkinkan untuk membuat penderitany menjadi gemuk. Selain itu, hubungan anatara tidur dengan hormon yang mengatur nafsu makan juga salig berkaitan. Ghrelin akan merangsang rasa lapar dan selain itu juga sinyal leptin akan merangsang nafsu makan yang berlebihan pada otak. Di waktu tidur yang pendek maka biasanya dihubungkan dengan penurunan pada leptin dan juga peningkatan Ghrelin. Kurang tidur bukan hanya bisa merangsang nafsu makan menjadi tinggi, namun juga menimbulkan rasa ingin makan makanan yang mengandung lemak dan jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Namun beberapa penelitian yang dilakukan untuk di uji, apakah tidur yang baik merupakan salah satu bagian yang standar dari program menurunkan berat badan.

Akibat insomnia bagi kesehatan yang lainnya adalah bisa membuat penderitanya menjadi mudah lupa. Peristiwa ini disebut dengan sharp wave ripples yang terjadi di otak dengan tanggung jawab untuk membantu menguatkan memori atau daya ingat pada otak. Selain itu, even ini juga akan menyalurkan informasi dan juga hipokampus ke neokorteks pada otak, dimana terjadinya kenangan dalam jagka waktu panjang akan disimpan. Dan sharp wave ripples akan terjadi pada saat sedang tidur.

Dampak negatif dari akibat insomnia lainnya adalah gangguan kesehatan kulit. Biasanya pada mereka yang menderita insomnia akan mempunyai kulit yang cenderung pucat dan kantung mata karena kurang tidur di malam hari. Kondisi seperti ini diakibatkan karena kurang waktu tidur yang terjadi dengan kronis yang bisa menyebabkan kulit menjadi kusam, serta garis halus pada wajah dan adanya ligkaran hitam dibawah kantung mata. Jika Anda mengalami insomnia, maka tubuh akan melepaskan hormon stres yang disebut dengan kortisol dengan berlebihan. Dan dalam jumlah yang berlebihan ini, maka kortisol akan memecah kolagen kulit yang mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan kulit agar terlihat lebih elastis dan lebih halus. Selain itu, jika seseorang kurang tidur, maka mereka akan membuat tubuh mengeluarkan hormon pertumbuhan seperti HGH. Disaat usia kita masih muda, maka hormon HGH ini akan mendorong terjadinya pertumbuhan. Dan untuk kasus ini, hormon ini akan membantu untuk meningkatkan massa otot, terjadinya penebalan kulit, dan menguatkan tulang.

CARA MENGOBATI INSOMNIA

Lalu bagaimana mengatasi penyebab insomnia yang pada akhirnya akan memicu dampak kurang baik untuk kesehatan? Penyebab insomnia bisa disembuhkan dengan melakukan beberapa teknik yang disarankan. Hal ini merupakan salah satu bentuk strategi dalam bentuk non-medis dan umumnya bisa Anda lakukan sendiri dirumah.

Penyebab insomnia diatasi dengan cara alami seperti dibawah ini. Namun, jika Anda melakukan konsultasi ke dokter dan dokter meresepkan obat insomnia, maka Anda bisa mengombinasikannya dengan melakukan cara mengatasi penyebab insomnia seperti dibawah ini :

  1. Tidur dengan waktu yang cukup 8 jam dalam sehari.
  2. Mempertahankan jadwal tidur yang teratur.
  3. Jika Anda tidak ingin tidur, maka jangan memaksakan diri untuk tidur.
  4. Jangan minum minuman yang mengandung kafein diatas jam 3 sore.
  5. Jangan minum alkohol saat akan tidur.
  6. Jangan merokok di malam hari
  7. Buatlah suasana kamar tidur Anda menjadi lebih nyaman jika penyebab insomnia diakibatkan karena suasana tidur yang kurang nyaman.
  8. Jangan pergi tidur dalam keadaan perut sedang lapar. Namun, jangan makan berlebihan disaat menjelang tidur.
  9. Menyelesaikan masalah stres dan kecemasan sebelum Anda memutuskan untuk tidur.
  10. Melakukan olahraga dengan teratur, namun jangan dilakukan 4-5 jam sebelum tidur.

Akibat Insomnia


=====================================

>>> Kapsul Herbal Susah Tidur Untuk Mengatasi Insomnia, Membantu Mengatasi Gejala Susah Tidur Sekaligus Mengatur Pola Tidur Yang Berkualitas, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Insomnia and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>